Sepeda Motor Matic Honda Beat eSP dan POP eSP
Tak ingin tertinggal dari para kompetitornya, Honda pun secara resmi meluncurkan produk matic terbaru mereka. Produsen otomotif asal jepang tersebut merilis motor matic mereka yang diberi nama Honda Beat eSP. Tidak tanggung-tanggung, motor matic versi terbaru mereka itupun di hadirkan dengan 2 pilihan sekaligus yakni eSP dan POP eSP.
Dua jenis rilisan mereka, sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu siginifkan. Tapi yang paling kelihatan adalah tampilan & konsep desain yang di pakai. Selain perbedaan bentuk gaya, tidak ada perbedaan lain baik dari segi teknologi maupun fitur-fiturnya. Lantas apa saja kelebihan dan fitur yang coba ditawarkan oleh motor matic eSP & POP eSP ini?
Kehandalan teknologi ini pun terbukti, motor matic berkapasitas mesin 110cc, 4-Langkah, SOHC, bersistem pendinginan berupa udara yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 6,38 kW ( 8,68 PS ) / 7500 rpm dan torsi maksimal mencapai 9,01 Nm ( 0,92 kgf.m ) / 6500 rpm ini mampu berakselerasi dengan cukup cepat. Yakni dari jarak 0 - 200 meter hanya membutuhkan waktu 12,6 detik saja. Selain itu kecepatan maksimum dari motor matic ini juga lumayan tinggi yakni 94 km/jam. Ini bahkan lebih cepat jika kita bandingkan dengan honda beat FI yang hanya sanggup pada kecepatan 89 km/jam saja.
Kedua motor ini memiliki 3 varian pilihan yakni Cast Wheel ( CW ), CBS dan CBS ISS. Sedangkan untuk warnanya masing- masing adalah
Tak ingin tertinggal dari para kompetitornya, Honda pun secara resmi meluncurkan produk matic terbaru mereka. Produsen otomotif asal jepang tersebut merilis motor matic mereka yang diberi nama Honda Beat eSP. Tidak tanggung-tanggung, motor matic versi terbaru mereka itupun di hadirkan dengan 2 pilihan sekaligus yakni eSP dan POP eSP.
Honda Beat eSP |
- Teknologi Canggih ESP ( Enhanced Smart Power )
Kehandalan teknologi ini pun terbukti, motor matic berkapasitas mesin 110cc, 4-Langkah, SOHC, bersistem pendinginan berupa udara yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 6,38 kW ( 8,68 PS ) / 7500 rpm dan torsi maksimal mencapai 9,01 Nm ( 0,92 kgf.m ) / 6500 rpm ini mampu berakselerasi dengan cukup cepat. Yakni dari jarak 0 - 200 meter hanya membutuhkan waktu 12,6 detik saja. Selain itu kecepatan maksimum dari motor matic ini juga lumayan tinggi yakni 94 km/jam. Ini bahkan lebih cepat jika kita bandingkan dengan honda beat FI yang hanya sanggup pada kecepatan 89 km/jam saja.
- Teknologi ACG Starter
- Teknologi ISS ( Idling Stop System )
- Teknologi CBS ( Combi Brake System )
- Fitur Brake Lock System
- Fitur Smart Stand Switch
- Fitur Magnetic Key Shutter
- Kapasitas penyimpanan U-BOX
Honda Beat POP eSP |
Kedua motor ini memiliki 3 varian pilihan yakni Cast Wheel ( CW ), CBS dan CBS ISS. Sedangkan untuk warnanya masing- masing adalah
- eSP : CW ( Techno White, Funk White, Hard Rock Black ), CBS ( Electro Red, Funk White, Hard Rock Black), CBS ISS ( Electro Red, Funk White, Hard Rock Black, Techno White ).
- POP eSP : CW ( Harmony White, Tone Black ), CBS ( Groovy Red, Harmony White, Tone Black ) dan CBS ISS ( Groovy Red, Harmony White, Tone Black, Melody Blue ).
Spesifikasi Honda Beat eSP dan POP eSP:
- DIMENSI
- Panjang motor adalah 1873 mm ( eSP ) & 1867 mm ( POP eSP ).
- Tingginya yakni 1074 mm.
- Lebarnya hingga 678 mm.
- Jarak sumbu roda yang dimilikinya adalah 1256 mm.
- Jarak terendah hingga ke tanah adalah 140 mm.
- Berat kosong motor ini yaitu 95 kg ( eSP ) & 94 kg ( POP eSP ).
- Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai hingga 3,7 liter.
- Menggunakan jenis rangka tulang punggung atau sering disebut Underbone .
- Mengunakan suspensi depan yang berjenis teleskopik dan jenis lengan ayun dengan peredam kejut tunggal di bagian belakangnya.
- Ukuran ban depannya adalah 80/90 - 14 M/C 40P, sedangkan untuk ukuran ban bagian belakang adalah 90/90 - 14 M/C 46P.
- Rem depan memakai rem cakram hidrolik berpiston tunggal, sedangkan untuk belakang masih mengandalkan rem tipe tromol.
- Mesin kelas 110 cc, 4 langkah, SOHC, eSP Technology yang beristem pendinginan berupa udara.
- Diameter x langkah mesinnya yakni 50 mm x 55,1 mm.
- Perbandingan komprehensi rasio mesinnya yaitu 9,5 : 1.
- Daya maksimum yang bisa dikeluarkanya adalah 6,38 KW ( 8,68 PS ) / 7500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 9,01 Nm ( 0,92 kgf.m ) / 6500 rpm.
- Kapasitas minyak pelumas alias oli adalah 0,7 liter saja.
- Untuk menghidupkan mesin dengan cara electrik starter dan kick starter dengan teknologi ACG Starter.
- Batteray yang di pilih untuk digunakan adalah Batteray 12V-3Ah ( MF ).
- Busi yang dipakai adalah yang tipe NGK MRC9C-9N / DENSO V27EPR-N9.
- Pengapiannya telah mengusung teknologi Full Transistorized denga Batterai.